Minggu, 11 April 2010

kesimpulan sistem informasi pemasaran

Sesuai perkembangan sekarang, perusahaan yg menggunakan TPS( transaction processing unit, database yag ada dapat digabungkan dg database non transaksi yg berasal dari sistem informasi fungsional. Gabungan database ini dapat digunakan oleh manajer semua level untuk memebuat laporan, salah satu sistem fungsional yg akan kita bahas sekarang adalah sistem informasi pemasaran.

Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagin pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk2 perusahaan tersebut.sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:

1.

Produk
2.

Tempat
3.

Promosi
4.

Harga produk

menurut mcleod(2000), sistem informasi pemasaran terdiri dari beberapa subsistem antara lain:

1.

Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan.
2.

Subsistem informasi pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap pesaing.
3.

Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
4.

Subsistem produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.
5.

Subsistem tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk yg dihasilkan.
6.

Subsistem promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
7.

Subsistem harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
8.

Subsistem peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.

Demikian cerita seputar sistem informasi pemasaran menurut mc leod tunggu edisi kedua sistem informasi pemasaran menurut saya…..

Berikut berupa contoh sistem informasi pemasaran produk mobil berupa data flow diagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar